Minggu, 04 Desember 2016

Apa Saja Pertimbangan Dalam Membeli Lensa?




Sekarang anda sudah menguasai beberapa trik dasar fotografi. Hasil-hasil foto anda sudah menunjukkan perbaikan yang signifikan namun anda masih belum puas juga. Lalu apa yang bisa anda lakukan untuk meingkatkan hasil foto anda menjadi lebih baik lagi. Ya cara berikutnya yang bisa anda tempuh adalah dengan membeli lensa untuk kamera anda. Namun karena cara ini akan menggunakan uang kita tentunya kita harus mempertimbangkan matang-matang agar pengeluaran kita dapat dimanfaatkan dengan semestinya. 

Berikut akan saya paparkan apa-apa saja yang harus anda pertimbangkan dalam membeli sebuah lensa kamera yang baik.

1. Budget
Sudah pasti poin ini akan menjadi poin yang utama. Karena tidaklah mungkin anda membeli sesuatu tanpa adanya sokongan dana dari isi dompet anda. Anggarkan terlebih dahulu dana yang ingin anda keluarkan untuk membeli lensa ini. Hal ini perlu untuk membuang opsi-opsi lensa yang diluar jangkauan budget anda.

2. Ketahui Passion Foto Anda.
Sama seperti pekerjaan, dalam fotografi kita harus menentukan passion kita dalam fotografi. Apakah itu fotografi landscape, potrait atau jenis yang lainnya. Memang tak ada yang melarang kita untuk menekuni semua genre fotografi tapi dengan memfokuskan kepada satu genre fotografi dan menguasainya, akan membuat anda setidaknya bisa spesifik dalam memilih lensa yang ingin anda beli.

3. Lensa Pabrikan Kamera atau Third Party 
Saat anda ingin membeli lensa baru, anda juga harus memutuskan untuk membeli lensa produksi pabrikan kamera (satu merk dengan kamera anda) atau membeli lensa pihak ketiga (third party). Apa bedanya? Hal yang utama tentunya adalah harga, hadirnya lensa dari pihak ketiga seperti Sigma, Tokina, Tamron tak lain adalah melihat celah pasar dalam penjualan lensa sesuai pabrikan kamera, yang memang kadang-kadang harganya diluar akal sehat. Pertimbangan berikutnya adalah build quality lensa dalam hal ini material yang digunakan, fitur-fitur yang ada biasanya masih kalah dari lensa produksi pabrikan kamera.

4. Perhatikan Spesifikasi Lensa
Pertimbangan akan spesifikasi lensa ini cukup penting, hal -hal seperti kemampuan motor fokus kamera, kualitas optik, kemampuan image stabilizer, ketahanan terhadap air dan debu (weathershield) patut anda perhatikan lebih, tentunya dalam hal spesifikasi teknis ini berlaku prinsip ada kualitas ada harga. Lensa yang memiliki kualitas top untuk spesifikasinya tadi biasanya harganya juga lebih mahal. 

5. Lensa Bagus Tahan Lama

Lensa berkualitas memiliki nilai tinggi dalam waktu yang lama. Nilai disini bisa diartikan keduanya: nilai rupiahnya dan sekaligus nilai performanya. Lensa seri L milik Canon misalnya walaupun umur sudah lama asalkan tidak ada kerusakan, harganya akan tetap mahal saat dijual kembali, apalagi lensa buatan Zeiss atau Leica. Berbeda dengan harga kamera yang cepat anjlok, harga lensa lebih awet dan tetap tinggi. Kinerja merekapun bisa bertahan berpuluh tahun. Banyak yang mewarisi lensa bagus dari orang tuanya dan tetap dipakai sampai saat ini. Itulah kenapa point (1) diatas penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar