Jumat, 07 Oktober 2016

Tips Teknik Komposisi Foto yang Baik



Dalam menghasilkan sebuah foto yang baik, kita harus memahami apa itu komposisi foto. Secara sederhana komposisi dalam fotografi dapat diartikan sebagai susunan gambar yang terdapat pada satu bidang. Foto yang dihasilkan harus memiliki kesimbangan obyek. Dalam hakikatnya komposisi foto ini ditujukan untuk membangun mood dari si penikmat foto kita nantinya. Membuat sebuah foto dengan komposisi yang baik merupakan skill yang harus dimiliki bagi semua fotografer. Karena bagaimanapun teknik ini merupakan salah satu dasar dalam fotografi. Setelah sebelumnya saya sempat menjelaskan mengenai Rule Of Third, berikut akan saya berikan beberapa tips untuk mendapatkan komposisi foto yang baik

1. Buatlah Tetap Sederhana




Bisa dikatakan komposisi ini adalah yang paling mudah sekaligus yang paling elegan yang bisa kamu buat. Sederhana tidak selamanya buruk. Malah terlalu banyak detail akan berakibat merusak foto kita. Kesederhanaan dapat memberikan efek foto kita menjadi lebih bersih dan elegan. Satu objek sudah cukup untuk membuat fotomu terlihat menarik. Jangan khawatir sebagian besar fotomu tidak berisi objek yang lain. Justru dengan begitu malah akan membuat objekmu akan lebih terpancarkan auranya.


2. Ambilah Low-angle saat pemrotetan.






Biasanya dalam mengambil sebuah foto orang-orang akan mengambilnya sejajar dengan dada mereka masing-masing. Cara ini memang nyaman namun coba lah berexplorasi dengan mencoba low-angle. Pengambilan objek secara low angle dapat membuat perspektif yang berbeda sehingga menimbulkan kesan yang lebih terhadap foto kita. Dengan sudut pengambilan ini kita juga bisa menghilangkan beberapa penghalang objek kita dan membuat objek kita terlihat lebih baik lagi dari sebelumnya.

3. Tunjukan Kedalaman Foto



Kebanyakan foto, terutama yang bertipe landscape akan terlihat lebih baik jika memiliki objek yang bisa mempresentasi depan, tengah , dan belakang. Komposisi foto seperti ini akan membuat objek kita terasa lebih tiga dimensi.

4. Refleksi Foto





Kamu bisa menemukan refleksi pada berbagai macam objek sepeti gelas, mobil, ataupun es. Namun jika ingin mencari permukaan yang terbaik untuk digunakan air adalah jawabannya. Untuk mendapatkan hasil yang paling dramatis pastikan untuk menangkap objek yang asli dan objek refleksinya dalam satu foto.

5. Masukan Bayangan di Fotomu




Saat matahari tidak terik, terkadang bayangan yang ada di fotomu bisa lebih menarik dibandingkan dengan objek itu sendiri. Bayangan yang panjang dapat kita hasilkan saat matahari baru saja terbit atau akan tenggelam (golden hour.)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar