Senin, 21 November 2016

Mengenal Basis Data | Database Relasional



Database Relasional merupakan salah satu model database yang saat ini sangat banyak pengaplikasiannya dalam pembuatan suatu basis data. Model Relasional merupakan kumpulan tabel berdimensi dua (biasa disebut relasi atau tabel) dengan masing-masing relasi tersusun atas tuple (baris) dan atribut (kolom) pada suatu basis data.

Dalam database relasional ini kita akan mengenal dengan yang namanya Relational Key. Jadi apa itu? Relational Key adalah pengelompokan atribut berdasarkan tingkat keunikannya. Adapun beberapa key yang ada diantaranya

1. Candidate Key
Setiap tabel minimal memiliki satu candidate key. Syarat dari candidate key adalah: 

  1. Tidak akan ada nilai tuple yang sama dari atribut tabel. Misalnya A1, A2, A3, …, An merupakan atribut dari tabel X, maka yang disebut sebagai candidate key adalah A1 atau A2 atau A3 atau An yang tidak akan pernah memiliki nilai yang sama dalam baris recordnya.
  2. Tidak mungkin atribut dihilangkan tanpa keunikan tiap  record ikut hilang. 

Tabel di atas, memiliki candidate key hanya satu yaitu keseluruhan atribut. Jika ditambahkan dua satu atribut lagi, misalnya serialNumber, maka candidate key akan bertambah satu lagi.


Lebih mudahnya, candidate key adalah calon-calon primary key

2. Primary Key

Primary key merupakan candidate key yang dipilih untuk mewakili tabel dan merupakan bagian yang dengan unik mengidentifikasikan tiap tuple (record) dari tabel. Tabel dari database selalu memiliki primary key. 
Contoh candidate key yang dapat digunakan sebagai primary key dari tabel di atas adalah serialNumber. Nilai dari atribut ini harus “UNIK” dan “NOT NULL” (tidak boleh kosong). 



3. Foreign Key
Foreign key adalah atribut atau kombinasi atribut dalam tabel R2 dimana nilainya harus sama dengan nilai primary key di tabel R1. Perhatikan dua tabel berikut

Tabel Mobil

Tabel Pemilik 

Nama foreign key disarankan untuk sama dengan nama primary key di tabel asal. Relasi antara kedua tabel diatas dapat dibaca sebagai mobil dalam tabel Mobil dimiliki oleh pemilik pada tabel Pemilik. 

Sumber :
  • Wbhuana. 2016. Relational Data Model (Tesis). Jimbaran: Universitas Udayana
  • Cholis Fitriyanto. 2013. Jenis-jenis Kunci Dalam Relation Databse. http://www.cholis-fitriyanto.cf/jenis-jenis-kunci-dalam-relation-databas.xhtml.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar