Sabtu, 22 Oktober 2016

Android vs IOS Pertarungan Tanpa Akhir ?



Android dan IOS adalah dua sistem operasi yang saat ini tengah menguasai pasar smartphone dunia. Tidak dapat dipungkiri keduanya bisa dikatakan memonopoli pasar sistem operasi smartphone saat ini. Tidak ada satupun sistem operasi yang dapat menyaingi dua raksasa tersebut. Sebagai pengguna yang kritis tentunya kita harus tau mana yang terbaik diantara kedua sistem operasi tersebut. Untuk itu berikut akan saya jabarkan beberapa perbedaan dari masing-masing sistem operasi .

1. Open Source vs Closed Source
Android merupakan sistem operasi yang bisa kita dapatkan source codenya sehingga kita bisa memodifikasi sistem operasi dari situ. Salah satu sistem operasi kustom android yang memanfaatkan fasilitas tersebut adalah Cyanogenmod. Open source juga memudahkan kita untuk melakukan kustomisasi secara mendalam. Di lain sisi IOS adalah sistem operasi yang tertutup. Memang kita tetap bisa melakukan kustomisasi di IOS tetapi tidak secara mendalam. Kita juga tidak bisa mendapatkan source code dari IOS sehingga tidak memungkinkan untuk membuat sistem operasi kustomnya.

2. Fitur
Secara umum kedua os ini memiliki fitur yang sama. Hanya saja kemampuan tiap apps dari masing-masing os. Apps dari Android memiliki akses penuh ke dalam sistem. Di Android antara satu apps dengan apps yang lain dapat terhubung melalui fitur share. Apps juga memiliki akses untuk menjadikan dirinya sebagai aplikasi default terhadap tugas tertentu. Berbeda di android, apps pada IOS memiliki akses yang terbatas ke dalam sistemnya.

3. Dukungan aplikasi pihak ketiga
Kedua os memiliki dukungan aplikasi pihak ketiga yang sangat baik. Ada jutaan ribu aplikasi tersedia di masing-masing toko aplikasi setiap os. Banyak developer yang membuat aplikasi untuk kedua os sehingga memberikan pilihan yang beragam bagi penggunanya. Biasanya untuk beberapa aplikasi yang sangat dinanti para developer akan mengeluarkannya terlebih dahulu di perangkat IOS baru kemudian dilanjutkan ke Android.

Kesimpulan



Secara umum baik IOS dan Android adalah dua os yang sangat stabil dan aman dengan jutaan aplikasi tersedia di toko aplikasi masing-masing os. IOS bisa dikatakan memiliki desain yang lebih baik dengan android. Desain yang dimaksud disini baik dari sisi hardware maupun software yang dimiliki. Hal ini terbukti dengan tidak adanya perubahan desain secara major sejak tahun 2013.I IOS juga menawarkan ekslusifitas yang lebih baik. Tentunya anda akan memiliki pride tersendiri saat memegang device IOS dibandingkan Android.

Android disisi lain menawarkan kebebasan dalam melakukan segala hal di device kita. Dengan android kita melakukan kustomisasi yang hampir tidak ada batasnya. Dengan Android anda bahkan bisa memodifikasinya dan membuat seolah-olah itu adalah os anda. Apakah anda adalah orang yang mementingkan desain atau kebebasan kustomisasi, pilihan ada di tangan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar