Sabtu, 22 Oktober 2016

Memahami Shutter Speed dalam Fotografi




Dalam fotografi kita akan mengenal dengan berbagai pengaturan yang bisa kita lakukan di kamera. Setidaknya ada tiga hal utama yang bisa kita atur di kamera yaitu Shutter Speed, ISO, dan Apeture. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu Shutter Speed serta penggunannya dalam mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Secara definisi, shutter speed adalah rentang waktu saat shutter di kamera anda terbuka. Secara lebih mudah, shutter speed berarti waktu dimana sensor kita ‘melihat’ subyek yang akan kita foto. Gampangnya shutter speed adalah waktu antara kita memencet tombol shutter di kamera sampai tombol ini kembali ke posisi semula.

Supaya lebih sederhana berikut saya paparkan ke dalam pengaplikasiannya dalam penguunaan kamera sehari-hari.

  • Setting 1/250 dalam kamera anda dapat diartikan sebagai rentang waktu kamera anda terbuka adalah selama 1/250 (seperduaratuslimapuluh) detik. Yap memang secepat itu. Sementara untuk waktu 30 detik anda akan melihat tulisan 30" di kamera anda.
  • Untuk menghasilkan foto yang tajam, gunakan batas Shutter Speed yang aman. Batas Shutter Speed yang aman untuk segala kondisi adalah 1/60 atau lebih cepat. Sehingga foto yang dihasilkan akan lebih tajam dan terhindar dari blur. 
  • Selain batas aman yang saya sebutkan diatas kita juga bisa menentukan batas aman dari Shutter Speed berdasarkan lensa yang digunakan. Apabila anda menggunakan lensa 50mm maka batas aman Shutter Speednya adalah besaran yang lebih besar dari nilai lensanya yaitu 1/60. Apabila anda menggunakan lensa 17mm maka batas aman Shutter Speednya adalah 1/30. Begitu seterusnya. 
  • Semakin lama waktu yang kita set di Shutter Speed maka foto yang dihasilkan akan lebih berpotensi untuk menjadi blur. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menempatkan kamera kita diatas tripod atau dengan menggunakan fitur image stabilization yang saat ini semakin banyak disematkan di kamera-kamera terkini.
  • Jika anda ingin mebekukan suatu objek bergerak maka anda harus menggunakan Shutter Speed setinggi mungkin. Untuk mudahnya gunakan Shutter Priority pada kamera kemudian set Shutter Speed setinggi mungkin. Dengan Shutter Priority anda tidak perlu mengkhawatirkan pengaturan ISO dan Apeture karena semuanya sudah di atur secara otomatis oleh kamera. Jadi anda bisa berfokus pada pengaturan Shutter Speed saja. 
Kebanyakan kamera memang sudah menyediakan pengaturan otomatis yang bisa mengatur tiga hal utama yang saya sebutkan di awal artikel ini. Memang lebih mudah namun itu akan kreatifitas kita sebagai fotografer. Dapat mengatur komponen yang ada dalam foto kita tentunya memungkinkan kita membuat foto dengan keunikannya sendiri. 

Demikian penjelesan saya mengenai Shutter Speed. Nantikan pemaparan saya berikutnya mengenai Apeture dan ISO di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar