Selasa, 22 November 2016

Pengenalan Bahasa Pemrograman | Apa sih itu ?





Penggunaan komputer saat ini memang sudah sangat luas cakupannya mulai dari komputer untuk keperluan bisnis hingga untuk kebutuhan pribadi kita. Komputer saat ini seakan mampu memenuhi segala aspek kehidupan kita. Namun pernahkah terlintas dalam benak anda bagaimana sebuah benda mati yang dialiri listrik bisa kita berikan perintah untuk melakukan perintah tertentu? Nah untuk itu disini saya akan membahas mengenai hal tersebut.

Untuk berkomunikasi dengan komputer yang notabene merupakan benda mati, manusia haruslah mengusai yang namanya bahasa komputer atau biasa dikenal dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer. Layaknya bahasa manusia, setiap bahasa memiliki tata tulis dan aturan tertentu. Bahasa pemrograman memfasilitasi seorang programmer secara tepat menetapkan data apa yang sedang dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data tersebut disimpan dan dikirim, dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif.


Tingkatan Pemrograman
Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan terhadap ”bahasa manusia”.
Adapun pengelompokkannya adalah sebagai berikut :

1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.
2. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
Dimana penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari – hari, walaupun masih cukup sulit untuk dimengerti karena menggunakan singkatan – singkatan seperti STO yang berarti simpan (STORE) dan MOV yang artinya pindah (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Fortran.
3. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.

Model Pemrograman
Dalam membuat program tentunya kita akan berpedoman pada suatu pakem tertentu. Ada dua model pemrograman yang saat ini sering digunakan yaitu :

Pemrograman Berorientasi Objek 
Dalam pemrograman berorientasi objek, setiap objek akan memiliki datmethod (perilaku atau kemampuan melakukan sesuatu, berupa fungsi). Objek dapat didefinisikan sebagai suatu entitas yang memiliki data dan method.
Sebagai contoh, manusia adalah suatu objek yang memikiki data – data (misalnya: nama, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan yang lainnya) dan juga method (misalnya: cara bicara, cara berjalan, cara marah, dan sebagainya). Sehingga dapat diambil suatu pokok dasar bahwa titik berat pemrograman berorientasi object adalah pembagian tanggung jawab kepada masing masing object dan bukan pembagian berdasarkan proses kerja.

Berikut adalah Bahasa Pemograman yang mendukung OOP antara lain :

  1. Visual Foxpro
  2. Java
  3. C++
  4. Pascal (bahasa pemrograman)
  5. Visual Basic.NET
  6. SIMULA
  7. Smalltalk
  8. Ruby
  9. Python
  10. PHP

Pemrograman Prosedural
Pemrograman Prosedural adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop).

Berikut adalah Bahasa Pemograman Prosedural antara lain :

  1. Cobol Turbo Prolog
  2. C
  3. Pascal
  4. Delphi
  5. Borland Delphi
Peran Bahasa Pemrograman

Dalam pengaplikasiannya bahasa pemrograman banyak sekali digunakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa pengaplikasiannya di dunia nyata.

1. Jaringan Computer : Socket Programing
Dalam jaringan komputer bahasa pemrograman memiliki peran yang penting. Dalam suatu aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer terpadat bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan data yang kita kirim menjadi data analog agar dimengerti oleh bahasa mesin, yang kemudian dikelompokan berdasarkan jenis paket data yang kita kirimkan, contohnya jika kita mengirimkan paket data e-mail maka port yang digunakan adalah port jaringan dengan no 25. Kemudian paket tersebut akan dikaitkan dengan port dengan nomor yang sama, sehingga proses komunikasi bisa diterima oleh penerima. Peran bahasa pemrogram dalam proses komunikasi melalui jaringan internet ini dikenal dengan Socket Programming. Contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk socket programming ini adalah  C, Java, Python.

2. Database
Peran pemrograman dalam database adalah dalam pengelolaan suatu database, mulai dari penyimpanan, penambahan, penghapusan, pengeditan. Bahasa pemrograman dalam database juga digunakan sebagai antar muka dengan pengguna dan pembuat dari database tersebut, serta tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk menghubungkan satu database dengan database lainnya. Contohnya DBC (Java ODBC, Python)

3. Internet Of Things
Kegunaan lain pemrograman adalah Internet of Things. Sebagai contoh saat ini untuk berbelanja kita kita tidak perlu lagi untuk pergi ke toko fisik dimana barang tersebut dijual. Cukup dengan smartphone kita bisa mengunjungi laman toko tersebut secara online. Atau kasus lain saat ini untuk melakukan transaksi perbankan kita tidak perlu lagi harus datang ke bank tempat kita ingin melakukan transaksi. Cukup dengan e-banking saja kita sudah bisa melakukan transaksi yang kita inginkan dari rumah.  Semua kasus itu merupakan contoh dari internet of things, jadi dengan bahasa pemrograman kita bisa membuat suatu alat cerdas yang bisa melakukan semua hal tersebut, tentunya dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer terutama jaringan wireless.

4.   Cloud computing
Pernahkah anda menyimpan file di google drive, ataupu media penyimpanan lain yang berhubung dengan jaringan komputer?. Jika pernah, semua hal tersebut merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi cloud computing, teknologi ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyimpan data pribadinya dalam suatu media penyimpanan yang mudah untuk diakses tanpa perlu membawa media penyimpanan tersebut, bisanya media penyimpanan yang digunakan adalah google drive, yang pastinya bisa diakses dimana saja asalkan ada suatu jaringan internet.

5. Intelligent Transportation System (ITS)
Intelligent transfortation system merupakan suatu metode transportasi cerdas yang tentunya bisa memudah pengguna dalam menjalankannya. Contohnya dalam hal mengatur suatu lokasi pakir, dimana para pengemudi tidak perlu mencari lokasi parkir yang kosong lagi sebab telah diarahkan oleh suatu sensor ke lokasi parkir yang kosong, sehingga pengemudi hanya perlu mengikutinya saja. Contoh lainnya adalah suatu mobil cerdas dimana dalam hal parkir di tempat yang sangat sulit mobil tersebut bisa melakukannya sendiri tanpa perlu diarahkan oleh pengemudi, sebenarnya mobil ini memanfaatkan teknologi sensor cerdas yang telah diprograman oleh programernya untuk memudahankan dalam hal yang sangat sulit.

6. Parallel Computing
Parallel computing merupakan suatu metode dengan memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam jumlah banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Hal ini terkesan memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kita menggunakan satu komputer saja sebagai server, walaupun demikian ternyata metode parallel computing ini lebih efisien dalam hal kecepatan kinerja dari pada kita harus menggunakan satu komputer saja untuk server, yang tentunya bisa membuat komputer itu bekerja begitu berat dan akan berpengaruh pada kecepatan prosesnya. Parallel computing ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun sebuah server contohnya google.

7. Bio Informatika & E-health
Bio informatika dan e-health merupakan suatu pengecekan kesehatan yang bisa dilakukan melalui komputer. Hal ini tentunya bisa dilakukan, dengan bantuan bahasa pemrograman dan ilmu kesehatan. Kita bisa membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk mengecek suatu gejala ataupun penyakit yang diderita oleh seseorang dan memberi solusi untuk penyakit tersebut tentunya harus dengan bantuan dan sesuai dengan ilmu kesehatan.



Tahapan Pembuatan Program

1. Algoritma
Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.  Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematika.

2. Syntax
Syntax dalam pemrograman merupakan suatu perintah atapun code yang dijadikan sebagai standar penulisan dalam bahasa pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintak tersendiri yang pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lain, namun hal yang sama dari setiap sintak adalah pasti terdapat awal dan akhir program, pasti terdapat operasi input, output, dan proses. Maka dari itu seteleah mengetahui algortima dari program, kita harus mengetahui sintak dari bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.

3. Interpreter/Pustaka
Intepreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang kita buat lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer, dan pustaka adalah suatu library standar yang terdapa pada bahasa pemrogram yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan suatu program (biasanya terdapat dalam bahasa C, C++, Java). Intepreter dan pustaka perlu kita pahami dalam pembuatan suatu program, agar kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.

4. IDE+OS
IDE adalah perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuat suatu program yang akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua hal yang dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu perangkat lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system help dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. Hal yang perlu kita ketahui dalam penggunaan aplikasi IDE adalah dukungan dari OS komputer yang kita gunakan untuk membuat suatu program.




Sumber
  • Sangwidy. 2012. Pengenalan Bahasa Pemrograman. https://sangwidy.wordpress.com/web-design/oop-1/pengenalan-bahasa-pemograman/
  • Jeni. 2016. Pengantar Pemrograman Komputer. http://ocw.upj.ac.id/files/Handout-INF103-Pertemuan-1-Pengenalan-Pemrograman-Komputer.pdf
  • Karina. 2015. Perbedaan Pemrograman Berorientasi Objek dan Prosedural. https://mybiodatakarina.wordpress.com/2015/08/06/perbedaan-pemograman-berorientasi-objek-pbo-dengan-pemograman-prosedural/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar