Program komputer pada dasarnya memanipulasi objek (data) di dalam memori. Peubah (variable) dan konstanta (constant) adalah objek data dasar yang dimanipulasi di dalam program. Deklarasi daftar peubah digunakan untuk menyatakan tipe peubah. Tipe sebuah objek menentukan himpunan nilai yang dapat dimilikinya dan operasi yang dapat dilakukan pada objek tersebut.
Tipe data dapat dikelompokkan menjadi dua macam : tipe dasar dan tipe bentukan. Pada tulisan saya kali ini, saya hanya akan membahas mengenai tipe dasar saja. Tipe dasar adalah tipe yang dapat dipakai langsung.
1. Bilangan Lojik
- Nama Tipe
boolean (diambil dari nama seorang matematikawan inggris, George Boole).
- Ranah Nilai
Bilangan lojik hanya mengenal dua buah nilai : benar (true) atau salah (false).
Istilah "bilangan" digunakan karena kita dapat menyatakan "benar" dengan 1 atau
"salah" dengan 0 (atau sebaliknya, tergantung konvensi yang digunakan.)
- Konstanta
Konstanta yang terdapat pada tipe ini adalah true dan false.
- Operasi
Operasi-operasi yang dilakukan terhadap tipe boolean dikenal dengan operasi logika.
Operasi logika menghasilkan nilai true atau false. Berikut akan saya berikan tabel
dari operasi bilangan lojik.
Ingatlah bahwa operasi dengan operator and hanya akan bernilai benar bila a dan b
keduanya bernilai benar. Operasi dengan operator or hanya akan bernilai salah bila
a dan b keduanya bernilai salah. Sedangkan operasi dengan operator xor akan
bernilai benar bila a dan b saling berlawanan nilai kebenarannya.
2. Bilangan Bulat
- Nama tipe
Nama tipe bilangan bulat adalah integer.
- Ranah Nilai
Secara teoritis tipe bilangan bulat memiliki nilai yang tidak terbatas. Tetapi di dalam
komputer tipe integer mempunyai ranah nilai yang terbatas. Ranah nilai tipe
pemrograman bergantung pada komputer dan kompilator yang digunakan.
Kompilator menyediakan empat macam tipe untuk integer, yaitu byte, shortint,
word, integer dan longint. Rentang nilai untuk kelima tipe tersebut adalah :
- Konstanta
Kosntanta nilai bertipe bilangan bulat harus ditulis tanpa mengandung titik desimal .
- Operasi
Ada dua macam, yaitu aritmarika dan perbandingan.
a. Operasi Aritmatika
Operator aritmatika terhadap bilangan bulat dengan sembarang operator
artitmatika menghasilkan nilai yang bertipe bulat juga. Operator aritmatika
dapat didefinisikan pada bilangan bulat adalah :
b. Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan terhadap bilangan bulat dengan salah satu operator
relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false)
3. Bilangan Riil
- Nama Tipe
Nama tipe bilangan bulat adalah real (beberapa literatur menyebutnya floating
point)
- Ranah Nilai
Bilangan riil adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal, misalnya
3.65, 0.03 dan lain-lainSemua konstanta bilangan riil harus mengandung ". "
(titik). Konstanta "18"dianggap sebagai bilangan bulat, tetapi bilangan "18.0"
dianggap sebagai bilangan riil
- Konstanta
Setiap konstanta yang bertipe dengan bilangan rill harus ditulis dengan
tanda desimal. Contoh konstanta bertipe bilnagan riil adalah 0.78 ,-14.457,
0.0, 99.0
- Operasi
Seperti halnya tipe bilangan bulat, operasi bilangan riil dapat dilakukan
dengan dua macam yaitu aritmatika dan perbandingan.
a. Operasi aritmatika
Operasi aritmatika yang menggunakan bilanagan riil umumnya menghasilkan
nilai yang bertipe bilangan riil juga. Umumnya bahasa pemrograman
membolehkan operasi campuran (mixed operation)
b. Operasi Perbandingan
Seperti bilangan bulat, operasi perbandingan bilangan riil terhadap satu
operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false). Namun
dalam operasi perbandingan pada bilangan riil kita tidak mengenal
perbandingan kesamaan dua buah bilangam riil dengan operator "=".
Hal ini dikarenakan bilangan riil tidak dapat disajikan secara eksak di
komputer.
4. Karakter
- Nama Tipe
Nama tipe untuk karakter adalah char
- Ranah Nilai
Ranah karakter adalah semua huruf di dalam alfabet ('a'...' z', 'A'....'Z'),
angka desimal (0...9), tanda baca ('.',':','!', dan lain-lain), operator aritmatika
('+', '-', '*','/') dan karakter-karakter khusus lainnya. Daftar karakter baku
yang lengkap dapat dilihat di dalam buku-buku yang memuat tabel ASCII
- Konstanta
Konstanta karakter harus diapit oleh tanda petik tunggal. Contoh konstanta
karakter misalnya : 'h', 'D', '-', '@'.
- Operasi
Operasi yang dapat dilakukan dalam tipe karakter adalah operasi perbandingan
Operasi yang berlaku tersebut adalah
Seperti halnya pada tipe bilangan bulat, tipe karakter juga memiliki keterurutan
(succesor dan predecessor) yang ditentukan oleh cara pengodeannya di dalam
komputer.
5. String
- Nama Tipe
Nama tipe string adalah string
- Ranah Nilai
String adalah untaian karakter dengan panjang tertentu. String sebenarnya
bukan tipe dasar murni karena dia menggunakn tipe data karakter yang
telah didefinisikan. Namun karena tipe string sering dipakai dalam
pemrograman, makastring dapat diperlakukan sebagai tipe dasar.
- Konstanta
Semua konstanta string harus diapit oleh tanda petik tunggal.
Contoh-contoh konstanta string misalnya
'Gunung Agung'
'Denpasar'
'Fakultas Teknik'
'Ayam86'
- Operasi
Operasi data bertipe string didefinisikan dua macam
a. Operasi Penyambungan (Concatenation)
Operator : '+'
Operator '+' yang dimaksudkan disini berarti penyambungan. Bila a
dan b adalah sebuah variabel string, maka a + b sama dengan ab.
b. Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan seperti tipe data yang lain menghasilkan nilai
boolean (true atau false). Bila dua string dibandingkan maka yang
terjadi adalah perbandingan elemen-elemen karakterdari kedua stirng
yang posisinya sama.
Referensi :
- Munir, Rinaldi. 2011. Algoritma dan Pemrograman Dalam Pascal dan C.
Bandung : Informatika Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar